Saturday, February 4, 2012

Cara cepat menghapal tepat

Buat kamu kamu yang statusnya pelajar atau mahasiswa yang sering dipusingkan dengan hapalan, sementara ada sebagian temen kita yang dengan mudahnya menghapal no telepon, rumus rumus yang ngejlimet dan lainnya, sementara kita ngga bisa melakukan hal yang sama. ada beberapa tips untuk menghapal dengan cepat. Simak ya...

1. Rileks aja saat belajar
Saat menghapal kita membutuhkan kerja otak yang seimbang antara kanan dan kiri. Suasana belajar yang rilek akan membantu memaksimalkan kerja kedua bagian otak tersebut. Kerja yang seimbang ini akan memudahkan kita menyerap materi.
2. Baca dengan cermat
Bacalah dengan seksama bahan yang akan kita hapal, lalu yakinkan dalam hati bahwa kamu benar benar memahami apa yang kamu baca. kemudian temukan bagian yang tersulit
3. Ulangi bagian tersulit
Baca bagian itu dengan cepat dan ulangi lagi dengan kecepatan yang tinggi.
4. Buat penanda dalam benakmu
Ciptakan penanda dalam benakmu dengan membuat semacam perumpamaaan. Misalnya dikaitkan dengan kartun atau yang lain yang mudah diingat.
5. Ulangi dengan suara
Jangan takut dituduh lagi demo kalo kamu mengulang pelajaran dengan suara yang keras. Apalagi bagi kamu yang punya bakat auditori. Dengan suara akan membuatmu mengingat kembali apa yang telah kamu baca dan ngga ada salahnya bila sambil menghapal dengan suara keras kamu menmbahkan dengan gaya mengajar dosen atau guru kamu, biar suasana belajar lebih fun.
6. Tidur
Belajar sambil tidur?
Ya tidurlah sejenak setelah kamu mengulangi kembali apa yang telah kamu baca. Sebab dalam proses pengendapan dalam memori akan lebih cepat terjadi manakala kita lagi tidur, sekaligus memulihkan stamina setelah kita belajar. Selamat menghapal....!!!!!

No comments:

Post a Comment