Friday, February 17, 2012

Robot tercantik

Ada sebuah cerita horor tentang sebuah manekin yang hidup karena dirasuki kekuatan supranatural. Bagaimana kalau anda sedang melambaikan tangan dan tiba tiba ada sebuah boneka manekin membalas lambaian tangan anda, sungguh cerita menyeramkan........

Tapi ini merupakan kenyataan bahwa di sebuah mall takashimaya di Shinjuku, ada yang seperti itu, namun itu bukan manekin atau hantu melainkan sebuah robot Androids Geminoid-F yang mampu menampilkan ekspresi dan gerakan manusia. Robot ini merupakn robot tercantik yang dipajang duduk dekat jendela seolah -olah ia sedang menunggu teman. 

Emosi dasar dan perilakunya telah diprogram kedalam robot tersebut yang mana ekspresi wajah dan tindakanya berdasarkan respon dari lingkungan sekitarnya. Anda bisa melihatnya berkedip dengan frekuensi yang sama dengan manusia, anda juga bisa menyaksikan ia tersenyum, cemberut, sesekali melambaikan tangannya. Ia pun bisa memainkan HP yang ada di tangannya.

Robot cantik ini adalah hasil karya Hirishi Ishiguro, seorang profesor di Universitas Osaka. Tapi menurutnya robot androids ini belum  terlihat mirip dengan manusia, karena mana ada manusia yang mau duduk seharian disana. Mungkin profesor ini akan mengembangkan sebuah robot yang mampu berpikir sendiri. 

Di Jepang yang teknologinya sudah berkembang pesat,  pembuatan robot adalah hal yang biasa. Karena kini telah diciptakan juga robot- robot penyanyi cantik yang mampu bernyanyi dan menari seperti layaknya manusia. Hal ini mungkin yang akan secara perlahan menggeser fungsi manusia dan mulai tergantikan oleh robot robot super canggih.

No comments:

Post a Comment