Saturday, February 11, 2012

Perawatan Rambut Bagi Bikers

Debu dan polusi di jalanan yang penuh sesak dengan kendaraan menjadi suatu hal yang tak dapat dihindari anda para bikers. Saat sampai ditujuan, walau tidak terlihat langsung namun dapat dipastikan bahwa rambut anda sudah kotor terkena debu dan polusi di jalanan. Kalau ini dibiarkan terjadi dalam jangka panjang rambut anda akan mengalami kerusakan.

Dibutuhkan perawatan ekstra agar rambut terawat bagi anda yang menggunakan motor sebagai alat transportasi. Beberapa langkah dibawah ini akan meminimalisir kerusakan pada rambut anda akibat debu, polusi dan penggunaan helm.

Sehatkan rambut anda dulu
Walau menggunakan helm untuk melindungi rambut anda dari debu dan polusi, namun menyehatkan rambut adalah langkah pertama. Pastikan kelembabannya cukup dengan memberi pelembab seminggu sekali. Rajinlah keramas, gunakan shampoo yang cocok dengan jenis rambut anda (jangan pake oli buat keramas hehe.....)

Pilih helm yang tepat
Dalam memilih helm yang tepat untuk anda jangan yang terlalu longgar ataupun yang terlalu pas dengan ukuran kepala anda. Beberapa helm telah tersedia dengan "jendela udara" baik dibagian depan atau pun dibagian belakang. Selain itu, bahan bagian dalam helm mempengaruhi kesehatan rambut anda. Bahan dari sutera ramah terhadap rambut anda, mengurangi gesekan pada kulit kepala dan nyaman dipakai.

Beri perlindungan langsung pada rambut
Pada saat berpergian dengan motor anda, gunakan hair spray yang mengandung UV atau sunblock dalam dosis yang sedikit karena tidak baik juga terhadap kesehatan rambut, dan pastikan setelah memakainya anda membilasnya. Agar lebih aman lebih baik anda menggunakan seru rambut yang menggunakan SPF.

Gelungkan rambut anda
Membentuk ponitail atau menggelungnya lebih baik daripada membiarkannya di daerah terbuka. Atau selipkan rambut anda dibalik jaket bikers yang anda pakai.

Bandana, Scraf , hairband
Selain menngelung rambut anda, penggunaan bandana atau scraf akan mengurangi gesekan dan tetap nyaman. Penggunaan hair band ideal untuk perjalanan yang memakan waktu

No comments:

Post a Comment