Sunday, February 5, 2012

PROGRAM PARENTING PPAUD

Sesuai dengan Undang Undang no 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional secara tegas menyatakan bahwa Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan danperkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lanjut.

Pendidikan anak usia dini diyakini sebagai pondasi kuat untuk membangun sumber daya manusia handal di rnasa depan. Pendidikan PAUD yang dilaksanakan di dalam keluarga maupun dilembaga PAUD memberi kontribusi penting dalam upaya mengoptimalkan potensi kecerdasannya secara optimal.Kesinambungan program, pola pengasuhan,penerapan nilai dan juga perilaku yang dibangun didalam keluarga dan di lembaga PAUD memberi dampak

kuat terhadap pembentukan karakter anak. Di berbagai negara menetapkan salah satu indikator layanan PAUD yang baik adalah adanya kesinambungan antara program PAUD di lembaga dan di keluarga. Hal ini berarti adanya kesetaraan pemahaman PAUD oleh orang tua dan guru serta tenaga kependidikan PAUD dalam memberikan stimulasi dan pengasuhan anak.

Keluarga sebagai lembaga pendidikan informal dilindungi dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Peran keluarga dalam hal pendidikan bagi anak tetap penting dan tidak tergantikan sekalipun anak sudah dimasukkan ke lembaga Pendidikan formal maupun nonformal, Beberapa ahli pendidikan rnenyebutkan keluarga sebagai sekolah utama bagi anak, khususnya anak usia dini.

Pengembangan PAUD berbasis keluarga bertujuan untuk :

a. Meningkatkan pemahaman orangtua terhadap proses pembelajaran AUD
b. Meningkatkan ikatan emosi sosial antara orangtua, pendidik dan anak
c. Meningkatkan pemahaman orangtua tentang perilaku anaknya selama mengikuti
proses pembelajaran sehingga dapat memberikan dukungan positif terhadap
perkembangan anak.
d. Membantu pendidik agar proses pembelajaran lebih optimal.
e. Meingkatkan pemahaman orangtua terhadap tugas-tugas pendidik yang cukup
berat sehingga dapat lebih menghargai dan meningkatkan dukungan kepada
lembaga.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan dalam program parenting adalah sebagai berikut:

1. Kelompok Pertemuan Orangtua (KPO)

2. Keterlibatan orangtua di kelompok/kelas anak

3. Keterlibatan orangtua dalam acara bersama

4. Hari konsultasi orangtua

5. Kunjungan rumah

No comments:

Post a Comment