Wednesday, February 8, 2012

Putri Duyung Menggemparkan Parlemen Zimbabwe

Menurut legenda putri duyung adalah mahluk air yang berkepala dan bertubuh seperti layaknya seorang wanita namun memiliki ekor seperti ikan. Mahluk misterius ini menggemparkan para pekerja sebuah waduk di Zimbabwe.

Tak tanggung - tanggung kabar ini terucap dari seorang Menteri Pengairan Zimbabwe, Samuel Sipepa Nkomo yang disampaikan kepada parlemen. Dia mengatakan bahwa para pekerja merasa ngeri, mereka diganggu para putri duyung yang konon banyak berkeliaran di daerah tersebut.Para putri duyung dikabarkan muncul juga di perairan lainnya. Zimbabwe yang berencana membangun dua waduk lagi untuk menjaga kecukupan air dan meningkatkan hasil pertanian merasa terganggu dengan kejadian tersebut. Orang kulit putih yang bekerja disana awalnya mengira hal tersebut hanya akal akalan para pekerja itu karena malas bekerja. Namun setelah orang kulit putih itu membuktikan sendiri, ia tak mau bekerja dan kembali lagi kesana.Menteri Nkomo menyatakan satu satunya cara menuntaskan masalah tersebut yaitu dengan membuat bir tradisional dan menggelar upacara untuk menenangkan roh jahat.

Di Zimbabwe tingkat kepercayaan penduduk terhadap mitos putri duyung cukup beragam. Ada yang skeptis terhadap eksistensi putri duyung dan mahluk mitologi lain, namun ada pula yang meyakini adanya putri duyung di daerah itu.

Secara terpisah di Parlemen Zimbabwe,Ignasius Chombo, Menteri Pembangunan Daerah Urban, Pinggiran dan Pemerintahan Lokal Zimbabwe mengatakan siap mengerahkan penduduk untuk turun ke air guna menyelesaikan proyek waduk tersebut jika diperlukan. Namun langkah tersebut tak bisa dijalankan sebelum ritual upacara penenangan roh belum dilakukan. (berbagai sumber)

1 comment: